Tuesday, 13 December 2011

Rangkuman Khotbah KKR Pdt. Dr. Stephen Tong Hari ke-2 @GBK

"Jikalau apa yang engkau minta Tuhan harus kabulkan, Tuhan harus taat padamu, maka Dia bukan Tuhanmu, tapi pembantumu!"

"Hai orang Kristen, jangan congkak, jangan sombong, jangan merebut kemuliaan Tuhan Allah! Tuhan memberikan engkau berkat bukan karena engkau hebat, bukan juga karena doamu hebat, tetapi karena kita terlalu lemah dan memerlukan belas kasihan Tuhan!"

"Mari kita hari ini datang bukan karena mencari berkat, mencari uang, mencari nama, tetapi mencari Tuhan Allah sendiri, dan Ia akan memberikan sukacita yang sejati kepada kita."

"Mengerti seluruh kitab suci dengan tuntas, konsisten, menyebabkan kita mengerti kehendak Tuhan, bukan asal cuplik-cuplik Alkitab sesuai dengan kehendak pribadi kita!"

"Kita mengganti cinta dengan uang, kita mengganti cinta dengan seks, kita mengganti cinta dengan segala sesuatu yang menyenangkan diri kita sendiri! Itulah sebabnya kali ini kita memilih tema ini, ’Kasih dan Kehidupan’, untuk memberitakan kasih dari Tuhan Allah sendiri yang berbeda dengan standar-standar cinta kasih manusia!"

"Manusia menganggap empat hal yang paling penting; uang, kuasa, nama, seks. Tetapi siapa yang setelah mendapatkan semua hal ini benar-benar puas? Tuhan menjanjikan memberikan sesuatu yang lebih dari semua ini, yaitu cinta kasih Tuhan Allah sendiri."

"Daud berkata ’Cinta kasih-Mu lebih indah daripada hidupku’. Itu berarti jikalau dalam hidupmu engkau mempunyai segala sesuatu, tetapi tidak mempunyai cinta kasih Allah di dalamnya, hidupmu tetap adalah kosong! Hidup kosong tidak ada Kristus, hidup kosong tidak ada iman yang sejati. Hidup yang tidak mengenal Tuhan adalah hidup yang menuju kekekalan tanpa arah."

"Engkau mungkin pernah merasakan cinta dari wanita, dari temanmu, dari keluargamu, tetapi jikalau engkau belum pernah merasakan cinta kasih Allah, engkau belum pernah mengalami cinta kasih yang sejati dalam hidupmu!"

"Manusia selalu lebih suka naik ke atas daripada turun ke bawah, manusia selalu ingin maju, mencintai kemajuan, mencintai penghargaan, mencintai nilai yang lebih tinggi, ini adalah sesuatu yang dari bawah ke atas. Manusia juga bisa memikirkan untuk mengasihi manusia lain, yang sejajar dengan dia, cinta kiri ke kanan. Tetapi kedua arah ini tidak pernah digunakan untuk menggambarkan cinta kasih Allah pada manusia. Cinta kasih Allah kepada kita adalah cinta kasih dari atas ke bawah!"

"Adakah yang lebih suci dari Allah? Mutlak tidak ada! Yang lebih tinggi dari Allah? Mutlak tidak ada! Lebih sempurna dari Allah? Mutlak tidak ada! Jikalau memakai standar kasih manusia yang hanya mau mengasihi yang lebih baik dari dia, Tuhan Allah mau mengasihi siapa? Tetapi Tuhan mengasihi engkau, mengasihi saya, yang jauh lebih rendah dari-Nya. Inilah rahasia Injil."

"Orang paling kaya mengapa bunuh diri? Orang paling berkuasa mengapa bunuh diri? Karena mereka mendapatkan segala sesuatu, tetapi belum pernah mendapatkan cinta kasih dari Tuhan Allah sendiri."

"Kasih Tuhan adalah supranatural sifatnya, maka Tuhan menjanjikan bukan berkat duniawi bagimu, tapi berkat supra alamiah yaitu Kristus, dalam Kristus kita memiliki segala sesuatu. Jika kita tidak memiliki Kristus, kita tidak pernah memiliki apapun! Segala sesuatu akan pergi, kecuali Kristus."

"The love of God is a Supranatural love. Cinta kasih yang transenden, melampaui segala sesuatu yang dicipta. Tetapi Dia memberikan diri kepada kita yang terbatas. Disinilah terletak cinta Tuhan. Cinta Allah melampaui alam yang sementara, demikianlah cinta Allah kepada kita adalah sampai selama-lamanya!"

No comments:

Post a Comment